Jumat, 30 Desember 2011

Abtraksi Simulasi Pendeteksi Kebakaran Rumah


ABSTRAKSI

SIMULASI PENDETEKSI KEBAKARAN RUMAH
PI. Sistem Komputer, Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi,
Kata Kunci : Mikrokontroler,Sensor LM35,Buzzer,LED dan LCD

Bencana kebakaran rumah akhir-akhir ini sering terjadi. Dampak kebakaran rumah dan lahan yang paling menonjol adalah terjadinya kabut asap yang sangat mengganggu kesehatan masyarakat dan sistem transportasi darat, dan udara. Oleh karena itu diperlukan alat yang dapat mendeteksi kebakaran pada rumah, sehingga dapat dengan cepat melakukan pananganan pada kebakaran dan kebakaran tersebut tidak akan meluas.
Input alat ini adalah berupa suhu yang akan dideteksi oleh sensor suhu LM35, lalu tegangan keluaran dari sensor akan diproses oleh mikrokontroler ATMega8535. Untuk output digunakan indikator kebakaran berupa Led dan Buzzer serta penampil LCD. Jika ada perbedaan suhu ekstrim pada salah satu sensor maka indikator untuk sensor tersebut akan memberikan tanda. Setiap sensor mempunyai indikator masing-masing yang akan memberitahu sensor mana yang terjadi perubahan suhu yang ekstrim pada permukiaannya.
Alat ini diharapkan dapat meminimalisir meluasnya kebakaran rumah dan kebakaran rumah tersebut dapat diatasi dengan cepat dan tepat.




Daftar Pustaka (2008-2011)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar